Game tradisional yang mendunia: dakon

banner_dakonan

Dakon adalah game yang tercipta sekitar 7000 sampai 5000 tahun sebelum masehi dan tetap mempertahankan kepopulerannya game dakon ini bahkan mengalahkan kepopuleran game online gratis.

Sejarah

game yang tercipta 7000-5000 S.M ini memiliki banyak nama di berbagai negara nama internasionalnya adalah “mancala” berasal dari kata arab “naqala” yang artinya bergerak game dakon ini hanya tenar di indonesia sebagai permainan jaman dahulu dan kepopulerannya dikalahkan oleh game online indonesia. Tapi di dunia internasional permainan yang memiliki berbagai nama ini bahkan memiliki kejuaraan sendiri. di daerah afrika permainan ini digunakan sebagai alat pembelajaran matematika bagi anak-anak, menurut para ahli memainkan permainan ini dapat melatih fungsi kognitif otak dan juga melatih memori dan melatih pemecahan masalah.

Aturan

game dakon dimainkan di suatu papan dakon(masa papan pengilesan -_-”) yang memiiki 16 lubang 2 lubang besar dan 14 lubang kecil, 2 lubang yang besar di sebut rumah atau home atau lumbung digunakan sebagai tempat Dakonmendapatkan nilai sedangankan 14 lubang lainya dipakai sebagai tempat memulai,”berjalan” dan area pemain.

Pertama setiap lubang kecuali lubang lumbung dimasuki biji sesuai kesepakatan pemain, jumlah biji harus sama di setiap lubang.

Kedua pemain menentukan siapa yang memulai lebih dahulu, kemudian pemain mengambil semua biji di salah satu lubang di areanya dan mulai menjalankan biji tersebut sesuai arah yang disepakati dan memberikan satu biji di setiap lubang, yang masuk di lubang lumbung akan dihitung sebagai nilai dan bila biji yang diangkat habis di lubang yang berisi maka pemain yang sedang mendapat giliran mengambil semua isi lubang dan meneruskan “perjalanan” nya hingga biji habis di tempat kosong atau di lubang lumbung, selama periode begerak lubang lumbung lawan dilewati.

Permainan berakhir bila biji sudah habis atau tidak mungkin melanjutkan gerakan dan yang memiliki biji terbanyak di lubang lumbungnya menang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s