Permainan tradisional : Dakon

banner_dakonan

Permainan Dakon adalah permainan tradisional yang dulu biasa dimainkan dijawa karena sekarang banyak sekali game online indonesia yang beredar permainan ini kehilangan kepopuleran dan menjadi warisan sejarah budaya bangsa.

Permainan ini dilakukan oleh 2 orang di sebuah papan yang terbuat dari kayu atau plastik dengan 16 lubang, 2 lubang lumbung berada di sisi paling pojok kiri dan kanan dan 14 lubang permainan dengan 7 lubang di sisi atas dan 7 lubang di sisi bawah, 7 lubang di depan pemain dan 1 lubang besar di kana pemain adalah area pemain. Pemain duduk berhadapan

Pada awal permainan setiap lubang kecil diisi dengan tujuh buah biji. Dua orang pemain saling berhadapan. Salah seorang yang memulai, dapat memilih lubang yang akan diambil dan meletakkan satu ke lubang di sebelah kanannya dan seterusnya. Bila biji habis di lubang kecil yang berisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi, bila habis di lubang besar miliknya, maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lubang kecil di sisinya. Bila habis di lubang kecil di sisinya maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan. Tetapi bila berhenti di lubang kosong di sisi lawan maka ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa. Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada biji lagi yang dapat diambil (seluruh biji ada di lubang besar kedua pemain). Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.

Dakon pada jaman dahulu dimainkan di beranda,dibawah pohon atau di dalam rumah, kedua pemain sebelumnya akan menentukan siapa yang memulai atau mengundinya, permainan ini pada jaman dulu dimain kan anak-anak hingga remaja wanita dan identik dengan dunia kewanitaan. Menurut pendapat orang permainan dakon ini dapat meningkatkan/ melatih kemampuan manajemen dan hitungan seseorang .

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s